Monday, September 21, 2009

Poke On Facebook

Tau kan kalo di facebook tuh ada something yang namanya "Poke". Itutu yang letaknya dibawah send a message to..


Secara bahasa kalo diartiin pake bahasa sehari-hari artinya tu nyolek kan ya?? (gw sedang memastikan pengertian gw terhadap terjemahan kata poke). Beberapa waktu belakangan ini ada beberapa temen gw di facebook bergender cowo nge-poke gw.. Orang2 tersebut ga gw kenal. Kalo kata orang Sunda mah "geleuh" deh jadinya..hahaha. Apalagi kalo yang nge-poke tuh Alayers haha. Walaupun hanya di dunia maya, tetep aja rasanya agak aneh deh di poke-poke gitu haha.

Mungkin ada yang langsung nyalahin gw, "Kenapa orang ga kenal kok di confirm as a friend?"
gw juga pengennya ga begitu tapi kan orang-orang yang nge-add gw as friend bermaksud baik untuk mengajak gw berteman (itu pikir gw), lagian ntar dibilang sombong.


Ngomong-ngomong sombong, sering tuh gw dibilang sombong sama orang yang ngajak gw chatting (On Facebook juga). Udah bosen gw dibilang kaya gitu gara-gara gw kurang ngerespond orang2 yang memulai duluan chatting sama gw. Mungkin saatnya konfirmasi (walaupun ga tau ada yang baca atau ga) itu bukannya sombong, jujur saya malas meladeni orang-orang yang ngajak chatting saya dengan awalan rayuan gombal..huekks..

(sekali lagi maaf)

makanya chatbox terkadang gw offline-in (hahahha)

sok eksis ya?! Gapapa kan ya :p


Tanpa Judul

Rasa
Rasa itu menderaku
menderaku di saat-saat seperti ini
di saat mereka terdera dengan euforia kesibukan dunia
Kesibukan dunia yang tiada henti
dan takkan berhenti hingga nadi ini berhenti

Huh!
Ingin sekali aku ucapkan (lagi)
bahkan rasanya terlalu sering ku mengucap kata itu
seakan tak mensyukuri nadi ini tak berhenti


Woman = Problems ??




Pernah liat ga pict kaya gini di social pages kaya di FB atau dimana gitu?

Gw rasa orang yang awalnya ngerancang ginian pasti orang yang frustasi sama cewe dan orang itu kayanya cerdas, soalnya bisa menganalogikan (aseek bahasa gw) seorang wanita senagai suatu problems di dalam kehidupan dengan cara yang tidak semua orang bisa merancangnya. Dan yang pasti orang itu cowo.

yaa mungkin bagan tersebut menggambarkan perasaannya tentang kekecewaanya terhadap makhluk yang bernama wanita.



Aneh Tapi Nyata



Perhatiin deh kedua mata dua kucing di atas..gokil eh ungakapan gw salah.. Subhanallah yang satu warnanya kuning yan gsatu warnanya biru..
Entah jenis kucing apa ini, kalo dilihat-lihat sih kaya kucing kampuang biasa, tapi yang membuat spesial adalah kedua matanya..sampe-sampe di sebuah iklan di internet menjual kucing ini seharga 10 jeti rupiah.. homygosh..
ada yang berminat tuh? Bisa banget tuh yang bisnisinnya, namanya juga orang Indonesia kan pada cerdik2, pinter ngambil sela,, oopss..hahahha piss



Nah kalo yan gini juga ga kalah unik. Kalo yang pertama tadi ciptaan Allah yan gini mah jelas ciptaan manusia..
Bosen yaa ngeliat kartu undangan yang kaya gitu-gitu doang, nah yang ini nih inspiring banged..cahilah bahasa gw..




Thursday, September 17, 2009

5 things can make the guys feel proud

Hidup ini dipenuhi dengan berbagai kebanggaan, dari kebanggaan kita terhadap orang lain dan kebanggaan kita terhadap diri sendiri apalagi yang namnaya cowo. Cowo tu menurut gw termasuk makhluk tersomse di dunia hahaha kesanya gw dendam bener. karena setiap dia punya kelebihan dikit aja langsung deh pamer, eitss tapi ga semua cowo kaya gitu emang.. Nah gw punya referensi ni mengenai apa aja yang bisa ngebuat cowo tuh ngerasa dirinya bangga, here they are :




1. status "In A Relationship"
Hare gene masih jomblo, cupu banged! itutu pandangan cowo2 kebanyakan. Atau ledekan cowo-cowo ketemen-temennya yang berkelamin cowo,yang masih jomblo. Bagi cowo2 kebanyakan punya pacar itu merupakan suatu hal yang membanggakan apalagi kalu cewenya cantik dan bisa dibanggakan, terus mereka langsung deh buru2 buka account mereka dan menganti statusnya relationshipnya dengan "in a relationship" yang kebanyakan juga make "in a relationship with..."
hahaha yaa ini bukan sekedar pendapat gw, ini udah dianalisis di sebuah majalah anak muda terkemuka. Ya ngga salah emang, kalo mereka punya pacar kenapa juga ga diakuin di account mereka. Tapi ada juga yang sebenernya punya "gandengan" tapi ditulisnya single, itu bukan berarti mereka ga bangga sama hubungannya, mungkin mereka ga pengen dipublikasiin di media yang bisa diakses orang sedunia hahaha atau kemungkinan terburuknya dia terlalu banyak "gandengan" jadi bingung deh yang mana yang mau ditulis namanya hehehe.
Padahal apa coba salahnya dari seorang cowo single? come on jangan minder, kalian punya banyak waktu untuk memilih pasangan, jadi single juga bisa membanggakan kan?


2. Being smart

mmmmm, ini nih jarang tapi sekalinya ada cowo kaya gini pasti cewe langsung pada kagum. Walaupun banyak cowo pinter yang biasa2 aja sama dirinya sendiri tapi ga sedikit juga cowo pinter yang sombong, belagu, langsung TP sama temen2nya yang cewe..ckck..
Cewe jaman sekarang katanya lebih respect sama cowo yang pinter tapi banyak juga tuh cewe yang ga mau punya cowo kepinteran, nanti bisa dibego-begoin katanya hahahha
3. Punya Badan Bagus + Fit
Jangankan punya badan bagus, cowo yang baru punya badan tinggi aja biasanya udah banggabener dan yang punya badan kurang tinggi pasti ngerasa minder (biasanya), apalagi kalo ditambah dengan memiliki badan sixpack kotak2 polkadot haha, jadi ga salah ya ada kontes untuk pria-pria yang ngerasa badannya bagus. Makanya juga cowo2 yang punya uang berlebih melakukan perawatan tubuhnya untuk fitness.
Kita ambil contoh deh, tau kan Samuel Rizal? iya si sammy yang artis itu, kesannya dia bangga banged tuh sama badannya yang kotak2+berotot makanya dia keseringan make kaos singlet yang ketat yang lengannya buntung jadi otot bisep+trisep di lengannya bisa dipamerin gitu..



4. Nilai Bagus
 

Ini kayanya masih lanjutan dari poin nomer 2. Kalo mereka smart biasanya mereka ngeraih nilai yang bagus, tapi ga semua yang dapet nilai bagus itu adalah hasil karena mereka sendiri hehe.
Kalo cowo2 yang "rumpi" biasanya mereka bakal nanya ke temen-temennya, " eh dapet nilai berapa?" itu kalo nilai dia bagus tapi pas dia dapet nilai jelek, dia ga nanya2 karena takut ditanya balik hehehe..cowo itukan gengsinya gede..hhahaha itu kata orang, ga tau deh kebenarannya..


5. Punya penghasilan sendiri

Emang udah kodrat dan takdirnya seorang lelaki itu kan mencari penghasilan. Nah banyak tuh hari gini cowo kuliah sambil kerja atau kerja tanpa kuliah. Penghasilannya lumayan atau bahkan biarpun penghasilanya dikit terdapat kepuasan bathin di dalam diri seorang cowo karena udah bisa mencari uan gsendiri alias ga nadah lagi dari orang tua. Bahkan ada yang merasa dirinya sudah menjadi seorang pria bukan laki-laki lagi. ngerti kan maksudnya. Tapi sayangnya bnyak tuh cowo yang udah berhasil punya penghasilan sendiri langsung foya-foya padahal baru gaji pertama..ckckck




NB: Thanks to Gogirl! for inspirations

Wednesday, September 16, 2009

Cowo VS Ikhwan

Okay, kali ini gw mengambil tema yang mungkin agak sensitif untuk dibicarakan atau bahkan menjadi sangat sensitif dan dapat membakar bara api di dalam jiwa..halah lebay lo ndah! Makanya gw mencoba untuk berhati-hati dalam mengungkapkan isi kepala gw mengenai sejuta (sebenernya ga sebanyak itu) pertanyaan tentang seorang Cowo yang membuat beda dengan seorang Ikhwan. Makanya (lagi) gw kasih judul postingan gw ini Cowo Vs Ikhwan.


Postingan gw yang ini berinspirasi juga dari status updatenya ka dimas waskito yang menanyakan apa si sebenernya beda dari seorang ikhwan dengan cowo??


Secara bahasa itu kan cowo = ikhwan, cowo itu bahasa Indonesia sehari-hari dan ikhwan itu bahasa Arabnya dari laki-laki yang sama juga cowo..Nah itu dari segi bahasa..intinya sama aja kan??terus apa dong yang membedakan??


Gw kuliah di Universitas Islam yang isinya juga Islam "macem - macem" maksud gw disini macem-macem adalah ada yang emang bener-bener menjalani Islam secara khafah (menyeluruh) dari penampilan, akhlak, dll. Tapi banyak juga yang menjalani Islam just a Religion, ya pokoknya ngerti lahh..bingung gw menjelaskannya,,takut salah ngomong,,atau emang udah salah ngomong dari tadi?hahha


Nah, sekarang kita bahas dari segi penampilan..
Ada temen gw, yaahh bisa dikatakan seorang yang alim lah..dia memakai jilbab yang menutupi setengah dari tubuhnya, subhanallah..nah tiba-tiba lewat seorang berjenis kelamin pria, yang tidak lain tidak bukan adalah kakak kelas gw (baca: senior) lewat..senior gw itu emang alim, dia ga mau bersentuhan sama lawan jenis yan gbukan muhrimnya. Tiba-tiba temen gw itu bilang, "Aku pengen deh punya suami ikhwan2 kaya ka **** (tak boleh disebut namanya)"
"taaruf ya?" gw menyaut (ga enak banget bahasa gw menyaut)


dan tak lama kemudian, lewat temen gw yang emang ya gaul2 selengean gimana gitu..dan temen gw yang tadi itu mengomentari cowo tsb dengan mengeluarkan kalimat dengan kata, " cowo..


nah lo nah lo..berarti menurut dia beda dong antara ikhwan dengan cowo..


kadang gw tu mikir tentang hal ini (itu juga kalo lagi ga ada pikiran yang lebih penting dari ini haha) ini atas dasar apa sih mereka membedakan cowo dengan ikhwan?yaa semuanya tergantung dari pemikiran masing-masing orang..semua orang boleh berpendapat. kalo menurut anda gimana?

Propesa Jurusan Farmasi 2009 Part 2

ok,, tanggal 17 mission completed hahhaha berasa maen game gw.. tanggal 19-nya acara dimulai dari jam 8 pagi jadi panitia diwajibin dateng jam 7-an..

weittssss sorry, kali ini gw ON TIME hahahha gw dateng jam 7 lewat (kalo ga salah inget) haha
yaudah acara berjalan sesuai dengan jadwalnya..lancarlah pada intinyaaa, pas evaluasi bersama SC (steering Commite) >> bener ga tuh tulisannya? semuanya sudah baikk.asikkk

seperti biasa, di setiap acara belum afdhol kalo ga ada foto2:









Propesa Jurusan Farmasi 2009

Peristiwa ini (lebay) terjadi tanggal 17 dan 19 Agustus 2009 kemarin..


Propesa, ritual yang emang wajib diikutin sama Mahasiswa Baru (maba) untuk mengenal studi dan almamaternya, yaiyalah namanya juga Propesa (Program Pengenalan Studi dan Almamater)..haydeh sepertinya gw terlalu bertele-tele..


kita langsung ke TKP..


sebelumnya tgl 16-nya gw berserta teman2 panitia yang lainnya memberikan pengumuman mengenai atribut2 yang harus dibawa sama si maba di tanggal 17-nya. Di sepanajng gw ngomong ngasi pengarahan, ni maba perasaan pada bawel2 dah, nyeletuk mulu, bikin gw esmosi aja, cekacekaceka (baca: cekcekcek)


tgl 17 panitia diwajibin dateng jam 9-an, yaahh yang namanya farmasi pasti waktunya 'mym' alias ngaret..pas banget semalemnya gw begadang ngurusin acara, karena gw divisi acara + ngejarkom si maba untuk kelengkapan atribut, belom lagi gw salah satu CP buat tempat nanya2 maba mengenai atribut2. Nah, pas banget gw lagi kedatengan tamu bulanan jadi makin merdeka deh gw tidur. 


tililulit tililulit (sebenernya ga gitu juga bunyinya)
telpon rumah gw berbunyi dan nyokap gw teriak manggilin gw, "indaaahhhh ada telfon dari intan (salah seorang panitia juga)!!"


(dalam hati gw bertanya2 sambil masih teler, " ngapain ni anak nelfon ke rumah, tumben amat")


"indjun, lo dateng jam berapa?"
"ooh iya iya" (suara tak bisa dibohongi, masih teler)
"jangan bilang lo baru bangun?!"
"hehehehheheheheh" (tertawa tanpa dosa)
"udah buruan ya dateng!"
"iya iya" (lagi lagi gw hanya bisa bilang iyaaaa)


pas gw menolehkan pala gw ke jam dinding, waktu menunjukkan jam 10.30..sintingggg..buru2 deh gw mandi haha..semuanya ada di gw, catetan yel2, rundown acara buat panitia, jemput maba dari BEMF..hoalahhhhhh,,

~nyampe juga di kampus jam setengah 12-an padahal jam setengah 1-an gw harus jemput maba di kamboja dari BEMF. Gw ngebut nulis yel2+bagi2 rundown acara.


tadaaaaa..berhasil ontime..aseekk..lancarr deh ya walaupun ada kendala-kendala tapi tak berartilah bagi kita :))

Tuesday, September 8, 2009

Penasaran apa guna Kulit Pulosari?!

PULOSARI
(Alyxia stellata)


Latin :
Alyxia stellata
Indonesia : Palasan
English :

Familia : Apocynaceae

Wilayah :
Tanaman ini ditemukan di hutan pegunungan Indonesia .

Uraian Tanaman :
Pulosari merupakan tanaman merambat dengan kulit batang putih yang memiliki wangi tertentu dan rasanya pahit. Tanaman ini tumbuh liar di hutan dan di ladang-ladang di daerah pegunungan dan termasuk keluarga besar Apocynaceae dan tumbuh di wilayah tropis, antara lain di Kamboja (Plumeria acuminata), Allamanda (bunga besar, berwarna kuning dan berbentuk seperti trompet), Nerium oleander dan Kembang Tembaga (Catharanthus roseus / Vinca rosea). Batang pokok besarnya bisa sebesar lengan. Kayunya berwarna putih, tidak pejal dan tidak keras. Dari pokoknya muncul batang-batang yang tak berdaun, kecuali pada ujungnya.


Kandungan Kimia:
Bagian Kulitnya digunakan di apotik sebagai simplex (obat sederhana) dengan nama Cortex Alyxiae, yang berbentuk pipa, tebalnya sekitar 4 mm, berwarna kuning-muda dan wangi. Kulit batangnya mengandung zat-zat : zat samak, kumarin, zat pahit dan zat alkaloida. Kulitnya juga mengandung coumarin dengan wangi tertentu dan tannin. Dalam pengobatan sering digunakan bersama dengan adas.

Kegunaan :
1. Untuk mengobati sariawanan
2. Sebagai obat merangsang nafsu makan
3. Obat batuk.
4. Obat mulas
5. Obat kencing nanah (sebagai air masakan).
6. Untuk mengobati demam pada anak-anak (kayunya sebagai obat luar)
7. Kejang usus (kulitnya)
8. Darah yang tidak berhenti keluar ( Kulit dan batangnya)
9. Radang lambung
10. Haid tidak teratur
11. Putih telur dalam kencing
12. Keputihan

Apa itu simplisia?

Simplisia

adalah bahan alam yang digunakan sebagai bahan obat yang belum mengalami pengolahan apapun juga, kecuali dinyatakan lain, berupa bahan yang telah dikeringkan. Simplisia terbagi atas simplisia nabati, simplisia hewani dan simplisia mineral.


Beberapa pengujian dilakukan pada penetapan standart antara lain: Mikroskopik, kecuali dinyatakan lain, uraian mikroskopik mencakup pengamatan terhadap penampang melintang simplisia atau bagian simplisia dan terhadap fragmen pengenal serbuk simplisia.


Organoleptis, meliputi uji tentang wujud, rupa, warna, bau, rasa.
Penetapan kadar, dalam pengujiannya jumlah dosis yang digunakan tidak boleh lebih kecil dari yang ditetapkan. Secara sebanding, jumlah yang lebih besar atau lebih kecil dari bobot atau volume yang ditetapkan dari bahan yang ditetapkan kadarnya, asal pengukuran dilakukan dengan ketelitian yang ekivalen.


Uji identifikasi, suatu cara untuk membuktikan bahwa bahan yang diperiksa mempunyai identitas yang sesuai dengan yang tertera pada etiket.


Ada beberapa cara dalam metode analisis untuk simplisia menurut Farmakope Indonesia edisi 4, Materia Medika dan WHO.


1.Farmakope Indonesia edisi 4
Bahan Organik Asing, Penetapan Kadar Abu, Penetapan Kadar Abu yang Tidak larut dalam Asam, Penetapan Serat Kasar, Penetapan Kadar Minyak Atsiri, Penetapan Kadar Air.


2.Materia Medika
Penetapan Kadar Minyak Atsiri, Penetapan Kadar Abu, Penetapan Kadar Abu yang Tidak Larut dalam Asam, Penetapan Kadar Abu yang Larut dalam Air, Penetapan Kadar Air, Penetapan Susut Pengeringan, Penetapan Kadar Sari yang Larut dalam Air, Penetapan Kadar Sari yang Larut dalam Etanol, Penetapan Bahan Organik Asing, Penetapan Kadar Tanin.


3.WHO
Antara lain Penetapan Kadar Air.


Monday, September 7, 2009

Lucky messages

A person can fail many times, but that person isn't a failure until they give up.

You will be advanced socially, without any special effort.

All will go well with your new project.


Open up your mind. Let your fantasies unwind.

You have an active mind and a keen imagination.

You are the master of every situation.

Listen to everyone. Ideas come from everywhere.

You will move to a wonderful new home within the year.

You will be successful in your work.

Don't be discouraged, because every wrong attempt discarded is another step forward.

The harder you work, the luckier you get.


Saturday, September 5, 2009

Takkan Berpaling dariMu

Kala malam bersihkan wajahnya dari bintang - bintang
Dan mulai turun setetes air langit dari tubuhnya


Tanpa sadar nikmatnya alam karena kuasa-Mu
yang tak kan habis hingga di akhir waktu perjalanan ini


Terimakasihku pada-Mu Tuhanku
tak mungkin dapat terlukis oleh kata - kata
hanya diri-Mu yang tau
besar rasa cintaku pada-Mu


Oh Tuhan, anugerah-Mu tak pernah berhenti
selalu datang kepadaku
Tuhan semesta alam
dan satu janjiku :
TAKKAN BERPALING DARIMU


Engkau sisihkan semua aral melintang di hadapanku
dan buat terang seluruh jalan hidup tuk melangkah..

Alkaloid

Alkaloid adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tetumbuhan (tetapi ini tidak mengecualikan senyawa yang berasal dari hewan). Asam amino, peptida, protein, nukleotid, asam nukleik, gula amino dan antibiotik biasanya tidak digolongkan sebagai alkaloid. Dan dengan prinsip yang sama, senyawa netral yang secara biogenetik berhubungan dengan alkaloid termasuk digolongan ini


Kategori

Alkaloid biasanya diklasifikasikan menurut kesamaan sumber asal molekulnya (precursors),didasari dengan metabolisme pathway (metabolic pathway) yang dipakai untuk membentuk molekul itu. Kalau biosintesis dari sebuah alkaloid tidak diketahui, alkaloid digolongkan menurut nama senyawanya, termasuk nama senyawa yang tidak mengandung nitrogen (karena struktur molekulnya terdapat dalam produk akhir. sebagai contoh: alkaloid opium kadang disebut "phenanthrenes"), atau menurut nama tumbuhan atau binatang dimana senyawa itu diisolasi. Jika setelah alkaloid itu dikaji, penggolongan sebuah alkaloid dirubah menurut hasil pengkajian itu, biasanya mengambil nama amine penting-secara-biologi yang mencolok dalam proses sintesisnya.



Sumber dan Sejarah

Alkaloid dihasilkan oleh banyak organisme, mulai dari bakteria, fungi (jamur), tumbuhan, dan hewan. Ekstraksi secara kasar biasanya dengan mudah dapat dilakukan melalui teknik ekstraksi asam-basa. Rasa pahit atau getir yang dirasakan lidah dapat disebabkan oleh alkaloid.

Istilah "alkaloid" (berarti "mirip alkali", karena dianggap bersifat basa) pertama kali dipakai oleh Carl Friedrich Wilhelm Meissner (1819), seorang apoteker dari Halle (Jerman) untuk menyebut berbagai senyawa yang diperoleh dari ekstraksi tumbuhan yang bersifat basa (pada waktu itu sudah dikenal, misalnya, morfina, striknina, serta solanina). Hingga sekarang dikenal sekitar 10.000 senyawa yang tergolong alkaloid dengan struktur sangat beragam, sehingga hingga sekarang tidak ada batasan yang jelas untuknya.


Alkaloid : Senyawa Organik Terbanyak di Alam

Dalam dunia medis dan kimia organik, istilah alkaloid telah lama menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dalam penelitian yang telah dilakukan selama ini, baik untuk mencari senyawa alkaloid baru ataupun untuk penelusuran bioaktifitas. Senyawa alkaloid merupakan senyawa organik terbanyak ditemukan di alam. Hampir seluruh alkaloid berasal dari tumbuhan dan tersebar luas dalam berbagai jenis tumbuhan. Secara organoleptik, daun-daunan yang berasa sepat dan pahit, biasanya teridentifikasi mengandung alkaloid. Selain daun-daunan, senyawa alkaloid dapat ditemukan pada akar, biji, ranting, dan kulit kayu.

Berdasarkan literatur, diketahui bahwa hampir semua alkaloid di alam mempunyai keaktifan biologis dan memberikan efek fisiologis tertentu pada mahluk hidup. Sehingga tidaklah mengherankan jika manusia dari dulu sampai sekarang selalu mencari obat-obatan dari berbagai ekstrak tumbuhan. Fungsi alkaloid sendiri dalam tumbuhan sejauh ini belum diketahui secara pasti, beberapa ahli pernah mengungkapkan bahwa alkaloid diperkirakan sebagai pelindung tumbuhan dari serangan hama dan penyakit, pengatur tumbuh, atau sebagai basa mineral untuk mempertahankan keseimbangan ion.

Alkaloid secara umum mengandung paling sedikit satu buah atom nitrogen yang bersifat basa dan merupakan bagian dari cincin heterosiklik. Kebanyakan alkaloid berbentuk padatan kristal dengan titik lebur tertentu atau mempunyai kisaran dekomposisi. Alkaloid dapat juga berbentuk amorf atau cairan. Dewasa ini telah ribuan senyawa alkaloid yang ditemukan dan dengan berbagai variasi struktur yang unik, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit.

Dari segi biogenetik, alkaloid diketahui berasal dari sejumlah kecil asam amino yaitu ornitin dan lisin yang menurunkan alkaloid alisiklik, fenilalanin dan tirosin yang menurunkan alkaloid jenis isokuinolin, dan triftopan yang menurunkan alkaloid indol. Reaksi utama yang mendasari biosintesis senyawa alkaloid adalah reaksi mannich antara suatu aldehida dan suatu amina primer dan sekunder, dan suatu senyawa enol atau fenol. Biosintesis alkaloid juga melibatkan reaksi rangkap oksidatif fenol dan metilasi. Jalur poliketida dan jalur mevalonat juga ditemukan dalam biosintesis alkaloid.

Berikut adalah beberapa contoh senyawa alkaloid yang telah umum dikenal dalam bidang farmakologi :

Senyawa Alkaloid
(Nama Trivial)
Aktivitas Biologi
Nikotin Stimulan pada syaraf otonom
Morfin Analgesik
Kodein Analgesik, obat batuk
Atropin Obat tetes mata
Skopolamin Sedatif menjelang operasi
Kokain Analgesik
Piperin Antifeedant (bioinsektisida)
Quinin Obat malaria
Vinkristin Obat kanker
Ergotamin Analgesik pada migrain
Reserpin Pengobatan simptomatis disfungsi ereksi
Mitraginin Analgesik dan antitusif
Vinblastin Anti neoplastik, obat kanker
Saponin Antibakteri

Tantangan Penelitian

Tantangan dalam penelitian di bidang alkaloid, semakin lama semakin menarik dan dengan tingkat kesukaran yang rumit. Hal ini didasarkan pada fenomena bahwa jumlah alkaloid dalam tumbuhan berada dalam kadar yang sangat sedikit (kurang dari 1%) tetapi kadar alkaloid diatas 1% juga seringkali dijumpai seperti pada kulit kina yang mengandung 10-15% alkaloid dan pada Senecio riddelii dengan kadar alkaloid hingga 18%. Selain kadar yang kecil, alkaloid juga harus diisolasi dari campuran senyawa yang rumit. Proses isolasi, pemurnian, karakterisasi, dan penentuan struktur ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus yang tentunya memerlukan waktu yang lama untuk mendalaminya.

Tantangan berikutnya dalam penelitian setelah ditemukan senyawa alkaloid murni dan diketahui strukturnya, adalah dengan melakukan uji aktivitas biologi terutama untuk aplikasi farmakologi dan bioinsektisida. Setelah diketahui aktivitas biologinya, kemudian dilanjutkan dengan mempelajari studi molekular (uji klinis) lebih lanjut senyawa tersebut bagi organisme (terutama manusia). Seandainya alkaloid yang diteliti, memiliki kelayakan sebagai obat, maka tantangan lain bagi para peneliti adalah mensintesis senyawa tersebut, terutama untuk mencari jalur sintesis yang sederhana dan murah, sehingga dengan sintesis dapat menyediakan pasokan alternatif obat semacam itu yang sering sukar diperoleh dari sumber alam.

Tantangan dalam bidang pengembangan ilmu alkaloid tidak berhenti sampai disini saja, adanya resistensi atau adanya efek ketagihan terhadap obat, menyebabkan para peneliti kembali disibukkan untuk mencari obat lain, yang salah satunya adalah dengan meneliti turunan-turunan senyawa yang berkhasiat tersebut.

Penutup

Penelitian di bidang kimia alkaloid tiap tahun selalu berkembang pesat. Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah, merupakan gudang bagi tersedianya senyawa-senyawa alkaloid yang berkhasiat, yang siap untuk dieksplorasi dan dieksploitasi oleh para ilmuwan. Dalam usaha mengeksplorasi dan memanfaatkan senyawa alkaloid ini, perlu ditopang oleh paling tidak oleh tiga pihak yang berkerjasama yaitu pemerintah, dunia industri, dan para ilmuwan. Untuk itu perlu adanya kesamaan persepsi bahwa penelitian adalah investasi. Dengan kesamaan persepsi ini, diharapkan penelitian para ilmuwan tidak mentok pada tahap publikasi ilmiah saja tetapi sampai pada paten dan aplikasi langsung bagi masyarakat.

Daftar Pustaka

  • Anonim. Alkaloid. Situs Web Wikipedia
  • Achmad S. A. 1986. Kimia Organik Bahan Alam. Universitas Terbuka. Jakarta
  • Amrun Hidayat, M. Alkaloid Turunan Triptofan. Makalah Ilmiah. In Internet.
  • Fessenden, R dan Fessenden, J. 1986. Kimia Organik Jilid 2 Edisi Ketiga. Alih bahasa oleh Aloysius Hadyana Pudjaatmaka. Penerbit Erlangga. Jakarta
  • Ita Mustikawati. 2006. Isolasi dan Identifikasi Senyawa Golongan Alkaloid dari Daun Gendarussa vulgaris Nees. Thesis. Digital Library Universitas Airlangga
  • Robinson, T. 1991. Kandungan Organik Tumbuhan Tinggi. ITB Bandung
  • Sovia Lenny. 2006. Senyawa Flavonoida, Fenil Propanoida, Alkaloida. USU Repository
  • Syaiful Bahri. 2005. Isolasi dan Identifikasi Senyawa Alkaloid dari Buah Lada dengan Uji Aktivitas Antifeedant terhadap Hama Ulat Bayam. Research Report. Digital Library Universitas Lampung.

Reaksi Asam Karboksilat

Asam karboksilat adalah golongan senyawa organik yang memiliki rumus umum R-COOH. Beberapa reaksi yang dapat terjadi pada asam karoksilat antara lain:

  1. Reaksi penetralan

Asam karboksilat bereaksi dengan basa membentuk garam dan air.

Garam natrium atau kalium dari asam karboksilat suku tinggi dikenal sebagai sabun. Sabun natrium disebut sabun keras, sedangkan sabun kalium disebut sabun lunak. Sebagai contoh, yaitu natrium stearat (NaC17H35COO) dan kalium stearat (KC17H35COO).
Asam alkanoat tergolong asam lemah, semakin panjang rantai alkilnya, semakin lemah asamnya. Jadi, asam alkanoat yang paling kuat adalah asam format, HCOOH. Asam format mempunyai Ka=1,8x10-4. Oleh karena itu, larutan garam natrium dan kaliumnya mengalami hidrolisis parsial dan bersifat basa.

  1. Reaksi Pengesteran

Asam karboksilat bereaksi dengan alkohol membentuk ester. Reaksi ini disebut esterifikasi (pengesteran).

Reaksi Eter

Eter adalah golongan senyawa organik yang memiliki rumus umum R-O-R'. Beberapa reaksi dari eter diantaranya adalah:

  1. Pembakaran

Eter mudah terbakar membentuk gas karbon dioksida dan uap air.
Contoh:

  1. Reaksi dengan Logam Aktif

Berbeda dengan alkohol, eter tidak bereaksi dengan logam natrium (logam aktif).

  1. Reaksi dengan PCl5

Eter bereaksi dengan PCl5, tetapi tidak membebaskan HCl.

  1. Reaksi dengan Hidrogen Halida (HX)

Eter terurai oleh asam halida, terutama oleh HI. Jika asam halida terbatas:

Jika asam halida berlebihan:

  1. Membedakan Alkohol dengan Eter

Alkohol dan eter dapat dibedakan berdasarkan rekasinya dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida.

  • Alkohol bereaksi dengan logam natrium membebaskan hidrogen, sedangkan eter tidak bereaksi.
  • Alkohol bereaksi dengan PCl5 menghasilkan gas HCl, sedangkan eter bereaksi tetapi tidak menghasilkan HCl.

Friday, September 4, 2009

Orphan | Ketegangan hingga tetes terakhir!!

Awalnya gw ga mau jalan buat nonton bareng anak- anak, ada Pura, Sekar, Berty, dan Via. Tapi pas buka website-nya 21 Cineplex dan disitu gw ngeliat trillernya Orphan, satu kata untuk kesan pertama: GILA GILA GILA GILA..

Langsung gw putuskan gw mau nonton!haha..thanks to Pura yan gudah mau boceng gw pulang pergi ke PIM..hoho

Pas mesen PIM, sepiii bangedd damai rasanya,haha dan pas mesen tiket kita tanpa pikir panjang milih seats di bagian atas, di row C. Di layar computer emba2 penjual tiket menunjukkan bahwa penonton sangat sedikit..waw, gw langsung mikir, gila ni psti bakal tegang ni nontonnya.

Setelah sholat, kita langsung masuk studio 2 yang emang ternyata sepi beneurrr..dari berlima kaga ada yang mau duduk di pinggir, deket jalan..alhasil gw lah yang duduk..

pas filmnya mulai..tererenggg..anjirrr gw udah dibikin tegang sama proses melahirkan anak ketiganya Jhonny..OH NO..bayi udah mati di dalem, darah berceceran, terus dokternya narik bayinya make alat yan gede gila, gw ga tau tu namanya paan..sintinggggggggg..ternyata itu cuma mimpi si istrinya Jhonny nginget proses persalinannya dia yang gagal dan bayinya meninggal sebelum dia sempet liat.

ckckck

sampai pada cerita dia mengadopsi anak dari sebuah panti asuhan,, The Name is ESTHER..
Pada awalnya Esther secara kasat mata seperti anak2 lainnya, bahkan ia dianggap sebagai anak yang luar biasa hebat dengan berbagai keahlianya terutama dalam melukis,, dia sopan banged, cantik tapi mukanya itu jutek gila,,misterius,,satu keanehan dia yaitu selalu memakai pita di pergelangan tangan dan di leher. Gw pikir itu cuma aksesoris, ternyata eh ternyata fungsinya sebagai penutup bekas sayatan yan gdilakukan oleh dirinya sendiri..gila2.

bersambung...

Tuesday, September 1, 2009

Menggila dengan Looklet



The Brain Dominance Test

setelah mengikuti suatu kuis di facebook yang berjudul 'The Brain Dominance Test'..and the result is..


Dari 30 pertanyaan, 17 dari tanggapan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah berotak kiri dominan. 13 dari tanggapan anda indikasi dari dominasi otak kanan. Hasil ini menunjukkan bahwa Anda memiliki otak yang seimbang, dengan tidak ada kecenderungan untuk berpikir ke arah kedua sisi.

Mereka yang dominan otak tengah cenderung lebih fleksibel daripada baik kiri atau otak kanan orang, namun, Anda sering terombang-ambing di antara dua belahan otak ketika Anda membuat keputusan. Anda kadang-kadang menjadi bingung saat keputusan harus dibuat karena, neurologis umum, Anda bisa melakukan sebagian besar tugas melalui salah satu otak kiri atau otak kanan metode!

Skor seimbang berarti Anda dapat menarik kekuatan dari dua kanan dan kiri belahan otak Anda tergantung pada suatu situasi tertentu. Kombinasi ini membuat Anda yang kreatif dan fleksibel thinker.The sisi bawah untuk memiliki yang lebih "otak seimbang" adalah bahwa Anda mungkin kadang-kadang merasa lumpuh oleh keraguan ketika dua belahan otak Anda bersaing untuk memecahkan masalah yang unik dalam cara mereka sendiri. Anda juga dapat menemukan pilihan karir sulit karena kemampuan Anda dalam beberapa bidang yang berbeda.