Sunday, February 7, 2010

Koin Cinta Untuk Bilqis

Akhir-akhir ini aku jarang sekali menonton TV, kalau sudah benar-benar bosan atau jenuh di depan laptop barulah aku beralih ke TV :p :p

Dan ketika itu aku, aku sedang melihat tayangan pemberitaan, awalnya aku tidak mengerti ada apa dengan anak balita yang sedang dibicarakan itu. Hanya, aku sudah memperhatikan, anak itu bermata kuning. Aku pikir dia hanya mengidap penyakit Hepatitis A atau B atau yang biasa disebut penyakit kuning, namun ternyata lpenderitaannya ebih berat daripada itu :( :(

Dan ketika aku searching di internet, barulah aku mengerti.
Namanya Bilqis, lahir pada 20 Agustus 2008, diketahui mengidap Atresia Bilier saat usianya menginjak 2 minggu. Sekujur tubuhnya menghitam dan kekuningan. Perutnya buncit dan gatal diseluruh tubuhnya. Kotorannya pun berwarna kuning pucat.

"Dokter menganjurkan untuk secepatnya di operasi. Tapi kita masih terhambat dengan biaya," tutur Dewi, ibunda dari Bilqis.

Selama perawatannya, Bilqis sudah menghabiskan dana sekitar Rp 400 juta. Setiap bulan Bilqis harus ke rumah sakit karena kondisi tubuhnya rentan sekali dengan penyakit.
"Kalau diare bisa sampai 20 kali. Minimal 5 hari di rumah sakit. Sekali ke rumah sakit bisa habiskan sekitar Rp 32 juta," ujar wanita berusia 37 tahun ini.

Bilqis adalah putri kedua pasangan Donny Ardianta Passa (33) dan Dewi Farida (37). Bilqis harus segera menjalani operasi transplantasi hati yang hanya bisa dilakukan di luar negeri karena belum adanya peralatan dan dokter yang memadai di Indonesia. Usaha kedua pasangan ini dalam menggalang dana melalui situs jejaring sosial pun tidak sedikit menuai sindiran di dalam perjalanannya.

Seperti yang kita ketahui, cara menggalang dana dengan mengumpulkan koin demi koin juga pernah dilakukan untuk mendukung Prita. Jadi kalau Prita bisa, kenapa Bilqis tidak?!

Rasa simpati dan empati banyak berdatangan kepada Bilqis. Jujur aku hingga detik ini hanya baru bisa bersimpati. Tapi aku tahu bagaimana perjuangan atau usaha yang dilakukan kedua orang tua Bilqis saat mencari dana untuk anak yang dicintainya. Aku bisa membayangkan betapa beratnya perjuangan Bilqis terhadap penyakitnya dan kedua orang tua Bilqis dalam mencari bantuan. Setidaknya selain koin marilah kita bantu Bilqis dengan jalan yang paling mudah, yaitu berdoa :)
Teman-teman yang memiliki account Facebook dapat memberikan dukungan moril dengan bergabung di dalam Group Koin Cinta Bilqis.
Di dalam group tersebut juga dijelaskan cara-cara untuk memeberikan koin cintamu kepada Bilqis. 
Semoga Allah meringankan rasa sakit yang dirasakan Bilqis dan Bilqis dapat segera dioperasi. Amin.
Regards,

~Indah Prihandini~