Monday, February 8, 2010

Let's Go Green!

Rasanya aku tidak telat mengibarkan slogan itu, karena kita sama-sama mengetahui, sejak adanya isu global warming dan menjadi permasalahan dunia, semua ramai-ramai mengibarkan slogan tersebut dan berlomba-lomba melakukan penghijauan di sana-sini, sesuai dengan mandat Ibu Presiden, Ibu Ani Yudhoyono, "satu rumah, satu pohon".

Oleh karena dasar itu, beberapa waktu yang lalu, RT di perumahan tempat tinggalku mengadakan Kompetisi Rumah Asri, dan mungkin itu akan menjadi agenda di setiap tahun. Ketika mengetahui ada kompetisi semacam ini, keluargaku, terutama mamaku terlihat biasa saja responnya.

Mamaku adalah seseorang yang sangat memperhatikan lingkungan dari sejak dahulu, jauh sebelum kompetisi ini ada :D Jadi kami tidak mempersiapkan apapun untuk mengikuti tahap penilaian kompetisi ini. Setiap rumah dinilai secara menyeluruh. Dari kebersihan hingga keasrian tanaman yang ada di halaman rumah. Tepat sekali dalam hatiku, mamaku hobby dengan bercocok tanam. Dan Alhamdulillah dalam kompetisi tersebut, rumahku meraih juara ke-2 :) :)

Untuk turut serta dalam menghijaukan lingkungan kita, tidak harus menanam tanaman-tanaman yang mahal dan langka. Ada satu jenis tanamana yang paling banyak dikembang biakan di rumahku yaitu tanaman Lidah Mertua, seperti ini :


Ya, konotasi yang jelek terhadap mertua :D :D tapi jangan salah, tanaman hias ini sangat bermanfaat. Kenapa? Karena tanaman hias ini dapat menyerap polutan, dan hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli.

Polutan adalah zat yang dapat menyebabkan polusi, contoh mudahnya yang ada di sekitar kita adalah asap rokok. Oleh karena itu, mamaku banyak mengembang biakan tanaman hias ini dan meletakkannya di berbagai sudut rumah dan halamanku. Maklum, ayahku adalah seorang perokok :(

Jadi, untuk asri kenapa harus dengan tanaman mahal. Let's Go Green, Guys! Tidak ada kata terlambat untuk melakukannya. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Dengan melakukan gerakan penghijauan yang  dimulai dari lingkungan kita, Insya Alah dapat membawa nikmat untuk semua orang :) :)


Selamatkan bumi kita demi keselamatan anak cucu kita! :D


Cheers :)

~Indah Prihandini~