Tuesday, July 5, 2011

JCU Singapore Memiliki Jurusan yang Tepat Untuk Saya, Yaitu Pendidikan

i



Saat ini, saya adalah seorang mahasiswi Farmasi semester 6 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Mungkin banyak yang berpikir ketika membaca tulisan ini dengan judulnya, Farmasi - Pendidikan, agak sedikit kurang sinkron. Tapi buat saya, keduanya merupakan sesuatu yang sama - sama menarik minat saya.

Sejak masa akhir SMA keinginan berkuliah di luar negeri merupakan suatu  harapan bagi sebagian besar pelajar. Namun ada banyak keterbatasan yang dimiliki, seperti saya
Namun keputusan berkuliah di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan bukanlah suatu keterpaksaan.


Semuanya saya jalani dengan senang hati. Kuliah, berorganisasi, dan mengajar di sela waktu kuliah, saya coba jalankan harus dengan sedikit lebih bertenaga dibanding teman - teman saya yang mungkin hanya fokus berkuliah

Hehe, buka bermaksud untuk meninggikan hati, hanya ingin sekadar berbagi cerita bahwa berkuliah sambil mengajar itu seru! Sejak dahulu, sebenarnya saya bercita - cita menjadi seorang guru atau seseorang yang memberikan sumbangsih demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sampai pada akhirnya saya berkesempatan untuk menjalani profesi seorang "part time teacher". 
Ketertarikan saya untuk menginvestasikan ilmu dengan cara menyalurkan ilmu yang tidak seberapa ini kepada orang lain merupakan suatu kesenangan tersendiri. Ada satu event yang ingin sekali saya ikuti jika memang ada kesempatan, yaitu :
Yang saya ketahui melalui program Indonesia Mengajar, diharapkan dapat menjadi suatu upaya baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia di pelosok daerah dan membuka pengetahuan masyarakat Indonesia tentang pentingnya pendidikan. Sungguh program yang luar biasa, bukan?

Sebagai warnagenara Indonesia, saya sangat ingin dapat ikut mewujudkan visi dan misi Indonesia Mengajar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Indonesia dipenuhi oleh anak-anak muda yang tulus mengabdi menjadi guru selama 1 tahun atau waktu tertentu di daerah, menularkan semangat optimisme dan menjadi jendela kemajuan di tingkat akar rumput sekaligus belajar untuk peka dan peduli pada realitas kehidupan bangsa Indonesia.

Entah mengapa sungguh besar ketertarikan saya kepada dunia pendidikan tanpa mengesampingkan ilmu Farmasi yang saya telah enyam selama hampir 4 tahun ini. Saya yakin kedua ilmu ini dapat menjadi ilmu yang saling mendukung dalam penerapannya di kehidupan.
Oleh karena itulah saya juga yakin bahwa jurusan Pendidikan selain saya minati, juga saya yakini tak ada kesalahan untuk mendalaminya apalagi di JCU Singapore ketika S2 nanti. Saya yakin JCU Singapore akan membantu saya menjadi seorang akademisi yang profesional dan berkualitas .



Kenapa sih harus JCU Singapore?
Wow! Kuliah di luar negeri, siapa yang tidak mau!? Apalagi di JCU Singapore  
You know what?!, JCU Singapore (terdaftar sebagai James Cook Australia, Institute of Higher Learning di Singapura) adalah perusahaan yang mayoritas dimiliki James Cook University Australia.

Universitas ini  mendirikan JCU Singapore pada tahun 2003 sebagai bagian dari internasionalisasi kegiatan JCU, dalam mencapai visi "Menyediakan Kehidupan yang Lebih  Baik Bagi Masyarakat  di Daerah Tropis".
Universitas ini  berada di peringkat  4% universitas terbaik  di  dunia dan merupakan universitas riset tropis terkemuka di Australia. James Cook University Australia menawarkan paket program tingkat universitas di kampus JCU Singapore.


Jurusan Pendidikan yang saya yakini tepat untuk saya di JCU Singapore, dengan segala fasilitas kampus yang begitu memadai. Segala sesuatu yang dilakukan dengan niat baik pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik juga. 

Bagi sebagian besar orang mungkin berpikir jurusan Pendidikan berkenaan dengan guru. Anggapan tersebut tidak salah, namun tidak mutlak benar menurut saya. Menjadi seorang Master of Education dari Universitas yang memiliki slogan High Quality Australian Education dibekali berbagai ilmu seperti yang tertera pada halaman Master Of Education, sbb:
Banyak peluang yang dapat dimanfaatkan dari kedua ilmu ini (Pendidikan dan Farmasi). Mata kuliah Issues in the Education and Care of young Children membahas isu-isu kontemporer dalam pendidikan Anak Usia Dini dan perawatan, dan bagaimana cara kita mengetahui dampak pada pemahaman kita tentang dan berinteraksi dengan isu-isu ini. Topik yang diambil dari penelitian dan media dapat mencakup: perkembangan anak dan pedagogi, gender, inklusivitas, masa kanak-kanak, penelitian otak, dan kebijakan.
Benar - benar menarik!  JCU Singapore (@jcu_singapore) memiliki komitmen yang kuat untuk pengembangan pemimpin pendidikan dan organisasi.


Katanya Cinta Indonesia, Kenapa ke Luar Negeri?
Dengan kita berkuliah mencari Ilmu hingga ke luar negeri bukan berarti melunturkan kecintaan kita kepada negara kita sendiri, bukan berarti juga tidak ada universitas di Indonesia yang menyediakan apa yang saya inginkan. Tak ada salahnya ilmu yang kita timba di luar sana kita aplikasikan ketika kembalinya kita ke negeri sendiri. Yang sangat disayangkan adalah lama kita menimba ilmu di luar negeri dan tak pernah kembali ke negeri sendiri hanya karena memilih pekerjaan dengan fee yang lebih bila dibandingkan di negara sendiri. Betul?


Kampus yang strategis, oh senangnya ...



Gambar di samping ini adalah contoh sertifikat dari JCU karena telah berpartisipasi di Psycology Lecture Series yang saya dapat dari search engine.


JCU Singapore diakui internasional dengan gelar sebagai lulusan dari James Cook University, kita akan memiliki gelar yang di akui internasional dan berkualitas tinggi dari Universitas Australia. Dengan lebih dari 7.000 multinasional perusahaan dengan Asia besar- Pacific kantor yang berlokasi di Singapura, ada peluang pekerjaan yang baik dan karir tersedia untuk James Cook jalur Lulusan universitas.

JCU Singapore akan siap untuk membantu dan mempersiapkan kita sebagai lulusan siswa untuk tenaga kerja, menyediakan kegiatan seperti lokakarya tentang penyusunan dan wawancara penanganan, seni resume menulis dan pekerjaan aplikasi dan karir tahunan yang bertujuan untuk mencocokkan lulusan dengan calon perusahaan.
Siswa internasional juga akan memenuhi persyaratan untuk  sebuah ‘Sertifikat Pekerjaan‘ yang memungkinkan mereka untuk tinggal di Singapura untuk 12 bulan tambahan setelah menyelesaikan program studi mereka dan mencari pekerjaan di Singapura. Jika memang benar, sungguh luar biasa!!!!

JCU Singapore juga menyelenggarakan wadah alumni berfungsi untuk membangun jaringan kesempatan di antara siswa dan alumni. Mereka mempunyai komitmen untuk bidang  penelitian, khususnya tentang isu-isu kritis penting bagi daerah tropis di dunia dan untuk pariwisata daerah yang memiliki volume tinggi, seperti Asia.

Sebenarnya dimanapun tempat kita mengenyam pendidikan yang terpenting adalah bagaimana komitmen diri kita sendiri terhadap pendidikan tersebut. Sukses atau tidaknya tergantung mind set yang kita bangun. Namun tak ada salahnya bukan saya memiliki mimpi untuk berkuliah di luar Indonesia, yaitu di JCU Singapore. Nah, berikut ada testimony video, memberikan gambaran seperti apa sih JCU Singapore.








So, What Will I Do? If the DREAM comes true..
Jika memang saya berkesempatan nantinya berkuliah di kampus ini, dan saya lulus dengan gelar Master of Education dan tentunya gelar S1 saya, Sarjana Farmasi, secara konkrit saya ingin mengaplikasikannya di Indonesia Mengajar. Indonesia Mengajar merupakan sebuah pengalaman besar dalam hidup, yang saya harapkan juga dapat saya miliki di dalam hidup.
Di masa depan ilmu farmasi yang saya punya dapat dikombinasikan dengan ilmu pendidikan dengan segala penerapannya dalam membangun atau setidaknya menjadi staff pengajar sebuah Instansi pendidikan farmasi di Indonesia, yang nantinya akan mencetak farmasis - farmasis berkualitas di Indonesia.

Terkesan mungkin hanya sebuah MIMPI. Namun, apa salahnya dengan bermimpi?! Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia, begitu kata lagu. Jadi tak ada salahnya bukan? Saya mulai segalanya dengan mimpi dan dengan sabar saya menatanya satu per satu agar menjadi kenyataan. Salam sukses untuk kita semua!








Untuk teman - teman yang juga berminat untuk menimba ilmu di Kampus yang beralamatkan di :
600 Upper Thomson Road
Singapore 574421
Tel: +65 6576 6833 
Fax: +65 6455 2833
Email: enquiries@jcu.edu.sg

bisa juga langsung ngobrol dengan sang admin di akun Twitter JCU Singapore (@JCU_Singapore) atau ke FanPage on Facebook-nya dan Official Website JCU Singapore





CLICK THIS TO SUPPORT ME :
(INDAH PRIHANDINI)